PEMBELAJARAN YANG MENANTANGKU.
Materi : Implementasi social Presence.
Moderator : Ibu Sri Sugiastuti
Peresume
: Yohana
M.A.Bana,
Semua orang akan mati kecuali ,maka tulislah sesuatu,yang akan membahagiakan dirimu diakhirat kelak” ( Ali bin Abi Thalib )
Ibu dosen
yang mempunyai nama lengkap Mudafiatun Isriyah M,Pd. biasa disapa ibu Muda adalah sosok guru penggerak,yang telah berkolaborasi
dengan Prof. Eko dan menghasilkan karya dalam bentuk buku akan menyampaikan
materinya :
IMPLEMENTASI SOCIAL
PRESENCE DALAM BIMBINGAN ONLINE, DALAM KONTEKS PERSPEKTIF KOMUNIKASI
PERSONAL, INTERPERSONAL, DAN IMPERSONAL
Semua materi dishare dalam link, awalnya menantang saya untuk
berjuang sampai harus bisa. Apa lagi ada
video yang lodingnya agak lama. Tetapi
dengan sabar menantikannya. Tehnologi
itu kita harus tantang agar kita jangan tergilas olehnya. Semakin membuka
setiap materi dalam link membuat saya semakin penasaran untuk mempelajarinya.
Materi itu sekalian mengenalkan
tekhnologi dalam mengajar, bisa kenalan lewat mp4, materi l.ewat video ppt
youtube. Ini bahan buat pembelajaran secara virtual dari guru ke siswa.
Pendekatan secara psikologis amat
penting, jadi siswa tidak hanya disuruh saja tetapi lewat materi guru bisa
merasa ada, merasa dekat sehingga siswa tidak enggan atau tidak bosan dengan gaya belajar secara virtual
Social Presence mengandung 4 unsur
1.
Unsur sikap dan tata
nilai,
2.
Unsur kemampuan
implementasi.
3.
Unsur penguasaan
materi.
4.
Unsur evaluasi dan refkektif
Capaian pembelajaran yang
dipaparkan di dalamnya mengandung makna kehadiran sosial atau social presence
siswa sekaligus refleksi sebagai wujud dari komitmen melaksanakan apa yang
sudah di program baik oleh guru maupun dari siswa sendiri. Semua ini terasa
hadir saat kita belajar, social presence, sehingg siswa tidak merasa tertekan,
bosan, jenuh dan lain-lain dalam mengerjaan tugas dari guru
“Implementasi Social Presence
dalam Bimbingan Online” ini judul buku yang bersama Prof Ekoji. Mengapa
Bimbingan Online.
1.
Masa Pandemi Virus
Corona dibutuhkan belajar secara virtual.
2.
Pemanfaatan E-Learning akan
merevolusioner pd proses trasformasi prose belajar.
3.
Bimbilon proses
transformasi dari tatap muka dalam ruangan menjadi tatap muka secara virtual.
4.
Mengacu pd fungsi
layanan BK: melatih kematangan intelektual, sikap & perilaku emosional yg
terarah saat online.
5.
Interaksi online bisa
memenuhi 4 kompetensi
Social Presence Theory pertama kali ditemukan oleh Williams and Christy (1976),
bahwa pada saat aktivitas komunikasi online/E-Learning ada
derajat dimana seseorang menerima orang lain pada kenyataan yang sesungguhnya
yaitu sebagai individu dan seluruh interaksi yang didalamnya terdapat
nilai-nilai ikatan hubungan saling timbal balik
Melalui Social Presense.Kualitas interaksi yang dilakukan
oleh komunikan untuk memproyeksikan diri mereka secara sosial dan emosional
sebagai orangg nyata dalam pembelajaran online.
Bimbingan Online tidak harus
menunggu saat siswa memiliki masalah, karena sistem informasi bimbingan online
merupakan produk yang utilitas dan efisiensinya bisa dipergunakan bagi siswa
setiap saat fungsinya menyokong diberikannya layanan proses bimbingan dan
penyebaran informasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa..
Bimbingan online secara
profesional akan menjadikan suatu kesatuan yang terjntegrasi dalam bimbingan
online dengan perkembangan kognitif siswa sehingga siswa yang sering tersentuh
melalui bimbingan maka dia akan berkembang sosial kognitif nya, dalam teori
dikenal dengan istilah kognitif behavioral, jadi perilaku siswa akan menjadi
individu yang mampu mandiri belajar sendiri tanpa ada paksaan dari manapun
apalagi belajar yang di suruh-suruh.
Media pilihan siswa
Social presence itu memang
menggunakan belajar daring, semua dilakukan secara online, di web beliau ada
aplikasi chat life, teleconference agar ada layanan chat langsung jika
dibutuhkan oleh siswa, itu bisa privasi bisa buat publik, jadi terserah siswa
memilih layanan pribadi atau layanan kelompok jadi bisa dinikmati oleh semua.
Fungsi Bimbingan Online dalam Sosial Presnse
1.
Membantu siswa belajar
mandiri
2.
Mengembangkan
kepribadiannya sesuai dengan potensi yg dimiliki
3.
Mengintegrasikan
pembelajaran online dan belajar tatap muka dlm pelaksanaan di kelas (bisa
dg Zoom, Google meet dll)
4.
Memberikan wawasan
kedalaman materi tentangg Social Presence dengan mempertimbangkan situasi
kondisi pembelajaran konkrit.
5.
Membantu meningkatkan
efisiensi dan efektifitas pd proses pendidikan selama belajar
6.
Membantu motivasi pada
proses pelaksanaan implementasi bahan ajar pd siswa di lapangan dan lain-lain.
Kiat-kiat yang harus dilakukan agar kehadiran dan
keaktifan siswa di kelas maya kita bisa 100 %?
1.
join together,
2.
motivating,
3.
building commitmens to implement,
4.
observing dan evaluation
Bimbingan Online tidak harus menunggu saat siswa
memiliki masalah, karena sistem informasi bimbingan online merupakan produk
yang utilitas dan efisiensinya bisa dipergunakan bagi siswa setiap saat.
fungsinya menyokong diberikannya layanan proses bimbingan dan penyebaran
informasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa.
Menulis itu mengasyikkan, karena magnet besar dari Omjay yang membahana maka beliau selalu rajin menulis di blog, tiada hari tanpa menulis,sehingga pada saat ada tantangan menulis dengan Prof Eko, beliau memilih materi di blogger, mengintip ide dari sana, maka jadilah ide cerdas untuk mulai merancang tulisan, ditambah pencerahan materi dari Prof Eko membuat semakin bersemangat sehingga beliau dapat menyelesaiakan dalam waktu 7 hari.
Memgenai menulis dalam 7 hari bersama Prof Eko memang malam itu juga ada ide langsung klik jadi….semalam buat kerangka tulisan pagi ACC langsung tulis di laptop
·
Hari Pertama menulis
apa 5W+1H dr social presence hubungkan dengan bimbingan online.
·
Hari kedua bagaimana
rona2 social presence.
·
Hari ketjga bagaimana
fungsi bimbingan online.
·
Hari keempat hubungan
keduanya antar social presence dengan bimbingan online.
·
Hari kelima bagaimana
kalau di huungkan dengan kurikulum jadi harus mengacu pada kurikulum.
·
Hari keenam bagaimana
keduanya antara social presence dg bimb online dlm kurikulum.
·
Hari ketujuh adalah
bagaimana jika di implementasikan pd murid kita.
·
Hari kedelapan langsung Prof Eko ACC dan tersenyum lebarrrr
KESIMPULAN
·
Jadi kebutuhan akan
social presence di dunia belajar virtual akan menjadikan interaksi yang positif
dengan terdorongnya akan capaian dan tujuan pembelajaran tuntas, semua ada
dalam motivasi social presence
·
Keberhasilan siswa
dalam belajar online banyak ditentukan oleh seberapa jauh siswa untuk mencapai
keberhasilan tersebut.
·
Usaha belajar dengan
waktu yang dihabiskan
·
Dan intensitas
keterlibatan dalam kegiatan belajar teresbut.
·
Fungsi Social
presence sangat mendominasi saat belajar online.
Akhirnya mengikuti materi sampai akhir, walaupun awalnya hampir tenggelam dalam gelombang yang terlampau tinggi tetapi pada akhirnya menemukan menemukan pembelajaran yang luar biasa.
"Manusia tidak mampu menemukan lautan baru jika tidak berani kehilangan indahnya pemandangan di tepi pantai" ( Andre Gide,Penulis moralis dan humanis Perancis).
jooos👍👍
BalasHapusBagus cara nalarnya dalam tulisan,semangattt yaakk terus menulis
BalasHapusMantab
BalasHapusMutiara di dasar laut memang harus menyelam untuk mendapatkannya.
Sama Bu
Awalnya aku sulit menggapai inti materi
Karena metode penyajiannya yg terlalu tinggi dengan sistematika yg tidak biasa
Setelah terjus ke dasar laut baru lah paham
Sukses ya Bu
Mantul resumenya
BalasHapusMantap dan lengkap, menginspirasi ...
BalasHapusMantap mengalir sejuk ,bagus .
BalasHapusMantappp.. semangat mnulis
BalasHapusMantappp.. semangat mnulis
BalasHapusWalaupun awalnya hampir tenggelam dalam gelombang yang terlampau tinggi tetapi pada akhirnya menemukan menemukan pembelajaran yang luar biasa.
BalasHapusUntuk mendapatkan santan dari kelapa perlu mengupas, membelah, mencungkil, memarut, dan memerasnya.