Rabu, 02 September 2020

PEMBELAJARAN YANG MENANTANGKU.


           

Materi              : Implementasi social Presence.

Moderator       :  Ibu Sri Sugiastuti

Peresume        :   Yohana M.A.Bana,

 

Semua orang akan mati kecuali ,maka tulislah sesuatu,yang akan membahagiakan dirimu diakhirat kelak” ( Ali bin Abi Thalib )

 Ibu dosen yang mempunyai nama lengkap Mudafiatun Isriyah M,Pd.  biasa disapa ibu Muda adalah sosok guru penggerak,yang telah berkolaborasi dengan Prof. Eko dan menghasilkan karya dalam bentuk buku akan menyampaikan materinya :

IMPLEMENTASI SOCIAL PRESENCE DALAM BIMBINGAN ONLINE, DALAM KONTEKS PERSPEKTIF KOMUNIKASI PERSONAL, INTERPERSONAL,  DAN IMPERSONAL

Semua materi dishare dalam link, awalnya menantang saya untuk berjuang sampai harus bisa.  Apa lagi ada video yang lodingnya agak lama.  Tetapi dengan sabar  menantikannya. Tehnologi itu kita harus tantang agar kita jangan tergilas olehnya. Semakin membuka setiap materi dalam link membuat saya semakin penasaran untuk mempelajarinya.

Materi itu sekalian mengenalkan tekhnologi dalam mengajar, bisa kenalan lewat mp4, materi l.ewat video ppt youtube. Ini bahan buat pembelajaran secara virtual dari guru ke siswa.

Pendekatan secara psikologis amat penting, jadi siswa tidak hanya disuruh saja tetapi lewat materi guru bisa merasa ada, merasa dekat sehingga siswa tidak enggan atau tidak bosan dengan  gaya  belajar secara virtual

Social Presence mengandung 4 unsur

1.      Unsur sikap dan tata nilai,

2.      Unsur kemampuan implementasi.

3.      Unsur penguasaan materi.

4.       Unsur evaluasi dan refkektif

Capaian pembelajaran yang dipaparkan di dalamnya mengandung makna kehadiran sosial atau social presence siswa sekaligus refleksi sebagai wujud dari komitmen melaksanakan apa yang sudah di program baik oleh guru maupun dari siswa sendiri. Semua ini terasa hadir saat kita belajar, social presence, sehingg siswa tidak merasa tertekan, bosan, jenuh dan lain-lain dalam mengerjaan tugas dari guru

“Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online” ini judul buku yang bersama Prof Ekoji. Mengapa Bimbingan Online.

1.      Masa Pandemi Virus Corona dibutuhkan belajar secara virtual.

2.      Pemanfaatan E-Learning akan merevolusioner pd proses trasformasi prose belajar.

3.       Bimbilon proses transformasi dari tatap muka dalam ruangan menjadi tatap muka secara virtual.

4.      Mengacu pd fungsi layanan BK: melatih kematangan intelektual, sikap & perilaku emosional yg terarah saat online.

5.      Interaksi online bisa memenuhi 4 kompetensi

Social Presence Theory pertama kali ditemukan oleh Williams and Christy (1976), bahwa pada saat aktivitas komunikasi online/E-Learning ada derajat dimana seseorang menerima orang lain pada kenyataan yang sesungguhnya yaitu sebagai individu dan seluruh interaksi yang didalamnya terdapat nilai-nilai ikatan hubungan saling timbal balik

Melalui Social Presense.Kualitas interaksi yang dilakukan oleh komunikan untuk memproyeksikan diri mereka secara sosial dan emosional sebagai orangg nyata dalam pembelajaran online.

Bimbingan Online tidak harus menunggu saat siswa memiliki masalah, karena sistem informasi bimbingan online merupakan produk yang utilitas dan efisiensinya bisa dipergunakan bagi siswa setiap saat fungsinya menyokong diberikannya layanan proses bimbingan dan penyebaran informasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa..

Bimbingan online secara profesional akan menjadikan suatu kesatuan yang terjntegrasi dalam bimbingan online dengan perkembangan kognitif siswa sehingga siswa yang sering tersentuh melalui bimbingan maka dia akan berkembang sosial kognitif nya, dalam teori dikenal dengan istilah kognitif behavioral, jadi perilaku siswa akan menjadi individu yang mampu mandiri belajar sendiri tanpa ada paksaan dari manapun apalagi belajar yang di suruh-suruh.

Media pilihan siswa

Social presence itu memang menggunakan belajar daring, semua dilakukan secara online, di web beliau ada aplikasi chat life, teleconference agar ada layanan chat langsung jika dibutuhkan oleh siswa, itu bisa privasi bisa buat publik, jadi terserah siswa memilih layanan pribadi atau layanan kelompok jadi bisa dinikmati oleh semua.

Fungsi Bimbingan Online dalam Sosial Presnse

1.      Membantu siswa belajar mandiri

2.      Mengembangkan kepribadiannya sesuai dengan potensi yg dimiliki

3.      Mengintegrasikan pembelajaran online dan belajar tatap muka dlm pelaksanaan di kelas (bisa dg ZoomGoogle meet dll)

4.      Memberikan wawasan kedalaman materi tentangg Social Presence dengan mempertimbangkan situasi kondisi pembelajaran konkrit.

5.      Membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas pd proses pendidikan selama belajar

6.      Membantu motivasi pada proses pelaksanaan implementasi bahan ajar pd siswa di lapangan dan lain-lain.

Kiat-kiat yang harus dilakukan agar kehadiran dan keaktifan siswa di kelas maya kita bisa 100 %?

 Seorang harus memahami bahwa ada perbedaan belajar secara tatap muka dengan virtual, mereka butuh layanan secara online, mereka butuh adanya interaksi pada saat komunikasi mereka, dengan melakukan bimbingan online akan ditemukan kuncinya bahwa kesulitan yang umum sering ditemukan kalau didalam buku ada teks berbasis impersonal, maksudnya tidak tampak secara nyata, maka dibutuhkan bimbingan yang tahapannya dilakukan dengan beberapa tahap  yaitu melakukan 

1.                  join together, 

2.                  motivating, 

3.                  building commitmens to implement, 

4.                  observing dan evaluation

 Dalam Social Presence bahasa nya bahasa maya, sehingga apa yang dilakukan harus dengan bahasa maya artinya bagaimana kita berusaha menyampaikan informasi secara maya, dalam social presence ada alat atau media sebagai alat interaksi misalnya dengan emotion, dan dalam social presence makna kehadirannya sangat tinggi,maksudnya emoticon sudah menjawab maksud kita menyampaikan informasi.

 Ketika menggunakan pendekatan dengan siswa saat belajar virtual, guru harus banyak melakukan inovasi,seperti yang dibuat beliau dengan cepat saat perkenalan di awal materi.

 Demikian juga halnya dengan siswa,  kita harus berinovasi agar anak terasa dekat dengan kita sehingga mereka akan senang dengan kehadiran kita.

Bimbingan Online tidak harus menunggu saat siswa memiliki masalah, karena sistem informasi bimbingan online merupakan produk yang utilitas dan efisiensinya bisa dipergunakan bagi siswa setiap saat. fungsinya menyokong diberikannya layanan proses bimbingan dan penyebaran informasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa.

 Bimbingan online secara profesional akan menjadikan suatu kesatuan yang terjntegrasi dengan perkembangan kognitif siswa sehingga siswa yang sering tersentuh melalui bimbingan, dia akan berkembang sosial kognitif nya, dalam teori dikenal dengan istilah kognitif behavioral, jadi perilaku siswa akan menjadi individu yang mampu mandiri belajar sendiri tanpa ada paksaan dari manapun apalagi belajar yang disuruh.

 Jadi pengertian social presence adalah mewakili kehadiran kita, ada komunikasi untuk mengetahui kalau kita hadir, ada dan nyata, tidak remang-remang, sehingga ada dengan tegas yaitu ditunjukkan dengan kehadiran di dunia maya, misalnya menyapa, memberi salam, apalagi ada diskusi sudah terjadi interaksi di situ, nah social presence ini sangat di butuhkan saat kita ada dunia maya.

 Manfaat social presence ini karena ada interaksi maka ada komunikasi kemudian dalam komunikasi ada sikap-sikap yang baik buruk, ini nantinya akan menentukan sikap dan perilaku siswa, sehengga muncul nilai ikatan hubungan timbal balik dan tujuannya adalah meningkatkan pemahaman apa yang akan kita sampaikan kepada siswa, juga siswa akan memahami apa yang harus siswa kerjakan, sehingga keduanya saling mengetahui dan memahami maka dengan demikian akan tercapai ketuntasan kompetensi ataau ketuntasan belajar.

 Dalam kondisi Pandemi dimana pendidikan daring diharapkan menjadi solusi, ketika tidak semua daerah bisa dijangkau dengan internet dan pendidikan daring bisa dilakukan, sebagai guru jika ingin menyampaikan secara virtual bisa dilakukan secara offline. misalnya dengan menyiapkan di tayangan youtube sehingga bisa dilihat kapan saja, jika dibeberapa  daerah butuh sinyal kuat karena youtube nya size besar, maka siapkan dalam bentuk MP4. Jika masih belum bisa juga siapkan dalam bentuk PPT, kalau PPT hanya butuh sinyal wa saja.

 Teknik untuk bisa menulis buku dalam waktu satu minggu

 Teknik Ibu Muda menyiapkan diri untuk bisa menulis buku dalam waktu satu minggu dengan menuliskan saja apa yang ada di depan mata kita meski tanpa ide sekalipun, itu nantinya akan merangsang otak kita nalar,disitulah Ide cerdas akan muncul

 Bacalah buku yang sesuai dengan apa yang saat ini dibutuhkan. Misalnya ingin menulis sikap-sikap sosial yang terjadi di dunia maya, maka apa yang dicari akan beliau baca bukunya, cari di mbah google,kemudian rangkaikan kata dari ide ingin menulis dengan mbah google.Tulis segera di blogger, nah sudah jadi satu ide tulisan. teknik yang beliau lakukan.

 

Menulis itu mengasyikkan, karena  magnet besar dari Omjay yang membahana maka beliau selalu rajin menulis di blog, tiada hari tanpa menulis,sehingga pada saat ada tantangan menulis dengan Prof  Eko, beliau memilih materi di blogger, mengintip ide dari sana, maka jadilah ide cerdas untuk mulai merancang tulisan, ditambah pencerahan materi dari Prof Eko membuat semakin bersemangat sehingga beliau dapat menyelesaiakan dalam waktu 7 hari.

Memgenai menulis dalam 7 hari bersama Prof Eko memang malam itu juga ada ide langsung klik jadi….semalam buat kerangka tulisan pagi ACC langsung tulis di laptop

·         Hari Pertama menulis apa 5W+1H dr social presence hubungkan dengan bimbingan online.

·         Hari kedua bagaimana rona2 social presence.

·         Hari ketjga bagaimana fungsi bimbingan online.

·         Hari keempat hubungan keduanya antar social presence dengan bimbingan online.

·         Hari kelima bagaimana kalau  di huungkan  dengan  kurikulum jadi harus mengacu pada kurikulum.

·         Hari keenam bagaimana keduanya antara social presence dg bimb online dlm kurikulum.

·         Hari ketujuh adalah bagaimana jika di implementasikan pd murid kita.

·         Hari kedelapan  langsung Prof Eko ACC dan tersenyum lebarrrr

KESIMPULAN

·         Jadi kebutuhan akan social presence di dunia belajar virtual akan menjadikan interaksi yang positif dengan terdorongnya akan capaian dan tujuan pembelajaran tuntas, semua ada dalam motivasi social presence

·         Keberhasilan siswa dalam belajar online banyak ditentukan oleh seberapa jauh siswa untuk mencapai keberhasilan tersebut.

·         Usaha belajar dengan waktu yang dihabiskan

·         Dan intensitas keterlibatan dalam kegiatan belajar teresbut.

·         Fungsi Social presence sangat mendominasi saat  belajar online.

 Akhirnya mengikuti materi sampai akhir, walaupun awalnya hampir tenggelam dalam gelombang yang terlampau tinggi tetapi pada akhirnya menemukan menemukan pembelajaran yang luar biasa.

 "Manusia tidak mampu menemukan lautan baru jika tidak berani kehilangan indahnya pemandangan di tepi pantai" ( Andre Gide,Penulis moralis dan humanis Perancis).

 

 

 

9 komentar:

  1. Bagus cara nalarnya dalam tulisan,semangattt yaakk terus menulis

    BalasHapus
  2. Mantab
    Mutiara di dasar laut memang harus menyelam untuk mendapatkannya.
    Sama Bu
    Awalnya aku sulit menggapai inti materi
    Karena metode penyajiannya yg terlalu tinggi dengan sistematika yg tidak biasa
    Setelah terjus ke dasar laut baru lah paham
    Sukses ya Bu

    BalasHapus
  3. Mantap dan lengkap, menginspirasi ...

    BalasHapus
  4. Walaupun awalnya hampir tenggelam dalam gelombang yang terlampau tinggi tetapi pada akhirnya menemukan menemukan pembelajaran yang luar biasa.

    Untuk mendapatkan santan dari kelapa perlu mengupas, membelah, mencungkil, memarut, dan memerasnya.

    BalasHapus

  GURUKU TERCINTA.   ENAM TAHUN YANG LALU     ENGKAU MENYAMBUT AKU DISINI…   ENG...