Membangun Indnesia melalui dunia
pendidikan dengan pembelajaran dalam
Jaringan yang efektif dan menyenangkan.
Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah 75 tahun negaraku merdeka. Pada usia 75 tahun,kalau secara manusia sudah mulai muncul berbagai perubahan,mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Demikain juga negaraku diusia 75 tahun mengalami perubahan dalam segala hal,terutama dibidang pendidikan amatlah terasa.
I. Awal terjadinya PJJ dadakan
Pada
akhir bulan Desember 2019 hadirlah virus yang menelan korban jiwa yang sangat banyak. Virus itu semakin
berkembang merajalela menjelajahi dunia termasuk Indonesia. Pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi
mengumumkan untuk bekerja dari rumah,belajar dari rumah dan juga beribadah dari
rumah. Tanggal 16 Maret 2020 mendadak pemerintah mengumumkan untuk sekolah-
sekolah diliburkan dan belajar dari rumah. Sekolah diliburkan selama 14 hari.
Setelah 14 hari pemerintah dan para medis mengamati bahwa virus ini semakin berkembang dan
banyak korban berjatuhan tenaga medis sekalipun. Pembelajaran jarak jauh segera
dilakukan oleh guru - guru. Jadwal belajar dan mengajar dari rumah ditetapkan. Anak- anak yang tidak memiliki HP guru-guru
mengunjungi dan memberikan materi untuk
belajar di rumah.
Fokus perhatian pada setiap program pemerintah dari pusat sampai ke pelosok-pelosok tanah air mendadak berubah. Pemerintah fokus pada persiapan menghadapi covid 19. Perubahan peranan gurupun dituntut. Guru harus dipaksa lebih banyak belajar daring menggunakan IT dengan cepat agar sang siswa jangan dikorbankan. Kepala sekolah menegaskan agar tetap mengajar dari rumah.Meminta semua guru menulis no.wa para siswa beruntunglah sebelumnya dikelasku sudah ada group jadi mudah untuk mengontrol anak-anak. Awalnya agak sulit karena guru melihat keaktifan siswa melalui komentar di group. Orang tua mengeluh karena program keuangan dalam rumah tanggapun berubah karena sebagian besar biaya digunakan untuk membeli HP android dan biaya isi pulsa dan pemasangan wifi.
Guru harus berjuang dan belajar sungguh- sungguh sehingga tidak tersisih,serta akan menunjukan suatu perlawanan yang gigih terhadap suatu perubahan. Tetapi disamping itu merupakan juga dunia dimana peranan guru sebagai agen perubahan dan pekerja sosial dipandang sebagai kunci yang sangat vital bagi terciptanya masyarakat yang lebih merata aman dan sejahtera. Hal itu juga merupakan tanggungjawab yang harus dipikul untuk memperluas ruang lingkup kemampuannya tidak akan berhenti bertumbuh. Dalam hal ini pula guru hendaknya berusaha menghindari diri dari pikiran masa bodoh yang penting terima gaji atau lebih dari itu jangan mengubah lembaga pendidikan menjadi kuburan untuk menguburkan segala ilmu dan kemampuan.
Banyak sekali seminar dan webinar yang menjamur semuanya diselenggarakan untuk melatih dan membimbing guru. Kegiatan - kegiatan ini semua demi melatih guru agar memiliki kemampuan yang memadai untuk menghadapi perubahan. Dan yang sangat menguntungkan bagi kami guru yaitu mengikuti group menulis yang diprakarsai oleh Om Jay dan timnya.
Wabah
pandemi covid 19 benar - benar membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan
manusia .Semua lembaga pendidikan sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi
tahun ajaran baru yang akan dilakukan pada pertengahan bulan Juli 2020.Guru mulai bergerak maju,karena orang tua banyak yang mengeluh,mereka mengaduh bahwa pekerjaan mengajar adalah tugas guru.Orangtua harus sadar sekarang untuk bekerja sama dengan guru.
Sudah enam bulan,seluruh Indonesia melakasanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) siswa dan guru diberi kesempatan untuk belajar dari rumah,dan juga beribadah dari rumah. Guru dan siswa tidak dapat melaksanakan tatap muka semua proses pembelajaran dilaksaakan secara online. Hal ini perlu direncanakan secara matang sehingga terciptanya pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan menyenangkan. Perlu dikondisikan secara baik dan sistimatis sehingga walaupun belajarnya dari rumah rasa aman bagi siswa dan guru untuk belajar dan mengajar. Terkadang anak diharuskan untuk membantu pekerjaan orangtua saat jam belajar. Perncanaan ini perlu disosialisasikan kepada orangtua sehingga jam belajar anak tidak akan terganggu. Orangtua perlu menerima jadwal mengajar dari guru-guru sehingga dapat memperhatikan atau mendorong serta menyediakan waktu untuk belajar.
Bagaimana
seorang guru berjuang untuk mengajar
dimasa pandemi ini ? Tentunya semua guru sedang menyusun berbagai rencana
sehingga bisa mengajar,melatih dan mendidik siswa dengan baik. Sebagai guru
harus berpikir bahwa tidak mungkin mengajar lagi di depan kelas yang berjumlah
rata-rata 20 -30 0rang. Tetapi guru
harus berpikir bagaimana menyusun RRP satu lembar atau RRP daring dan berbagai
penilaian yang tidak akan membebani siswa. Guru harus membuat berbagai video
pembelajaran yang disampaikan secara daring kepada siswa. Orangtuapun bersusah
payah untuk membeli hp android agar anak-anak belajar.
Ada
begitu banyak kendala yang dialami oleh orangtua,ada banyak yang mengeluh dan
merasa berat dalam mengajar anak mereka.
II. PJJ terencana.
Tahun ajaran
baru sudah tiba tanggal 13 Juli 2020, siswa-siswi masuk sekolah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
menegeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A.HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar,mengajar
menggunakan pembelajaran daring atau online.
Walaupun Pembelajaran melalui jaringan merupakan hal yang sangat sulit
bagi mereka yang kaku IT namun hal itu tidak bisa ditolak. Terpaksa harus
dipaksa,dipaksa supaya biasa, biasa untuk digunakan . Terpaksa guru harus
dilatih untuk menggunakan IT untu bertemu
dengan siswa di dunia maya.
Apabila pelaksanaannya baik, maka tujuan pembelajaran tersebut diharapkan dapat dicapai (Sudjana, 2004). Pembelajaran kini bukan lagi dipandang sebagai pembelajar saja, melainkan pembelajaran harusnya mengedepankan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran.Pembelajaran sendiri harus dirancang untuk mengaktifkan siswa. Hal ini sejalan dengan apa yang ditegaskan Mulyasa (2007) bahwa pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar (75%) peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya pada diri sendiri.
Sejak Covid guru dan siswa saling merindukan tetapi tidak dapat bertemu, banyak sekali syair - syair kerinduan yang dilantunkan melaui lagu dan puisi pertanda guru dan siswa sudah saling merindukan. Terdengar nyanyian-nyayian pilu yang dikumandangkan dimana - mana. Menteri mengatakan anak Merdeka belajar artinya anak tidak boleh ditekan dalam belajar,dilain pihak siswa dimarahi untuk belajar. Pada akhirnya didapatkan siswa pemberontak. Kita semua sudah merdeka jadi penjajahan dalam bentuk apapun harus dihapuskan. Setiap warga negara sadar sekarang untuk mengisi Kemerdekaan dalam berbagai bidang. Indonesia dalam bidang pendidikan mengisi kemerdekaan dengan mempersiapkan diri belajar dalam jaringan.
Pembelajaran dalam jaringan merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga terjadi proses belajar mengajar. Dan jika tidak ada internet maka pembelajaran tidak jalan dicari alternatif lain sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan.Sisw senang gurupun senang,orang tua senang dan semua pemerhati pendidikan.Akhirnya dimana-mana hatiku senang.
Upaya Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan ialah:
1. Guru dan siswa memiliki HP / Laptop dan memiiki akses internet, agar pembelajarannya berjalan dengan lancar. Jika hanya guru yang memiliki jaringan internet maka pembelajarannya tidak lancar.
1. Dalam pembelajaran
daring harus melibatkan siswa agar tidak mengantuk, artau siswa yang bermasalah
akan segera konsentrasi.
2. 2. Pembelajarannya harus
simpel dan menarik agar siswa tidak bosan.
3. 3. Guru-guru perlu melihat siswa aktif atau tidak bahkan juga kepala sekolah melihat guru-guru aktif dalam mengajar. Teman-teman guru saling berbagi sehingga ada diskusi dan juga pengecekan secara baik. Kepala sekolah turut berperan aktif agar para guru melaksanakan tugasnya dengan cermat dan tepat. Membangun komnikasi yang baik antara guru,siswa dan orangtua.
4 4. Metode pembelajarannya
harus bervariasi. Menggunakan WA,Youtube,Power Poin, Moudle,Class room, Zoom, Pesan suara, Guru diberi kebebasan untuk memilih model pembelajaran atau aplikasi yang sesuai tema pembelajaran.
5. Mengingat
banyak guru yang melek IT maka kurikulum harus memuat mata pelajaran TIK
sehigga anak-anak kita bisa dipersiapkan lebih baik lagi untuk menyonsong era
emas yang gilang gemilang.
Seandainya
dari dulu mata pelajaran TIK diterapkan dan menjadi mata peajaran wajib maka
Indonesia pasti siap menghadapi perubahan ini.
Indonesia harus segera berubah dengan suatu Pola PJJ yang terencana yaitu Warga Indonesia belajar sungguh-sungguh. Mengikuti kegiatan webinar agar bisa tahu mengoperasikan IT.
2.
Mengikuti group menulis
yang di Prakarsai Oleh Om Jay dan Timnya.
Kami
guru-guru sangat terbantu . Terima kasih Om Jay melalui group ini kami bisa
belajar dan juga menggunakan salah satu metode pembelajaran di kelas.
3.
Banyak membuka youtobe
untuk belajar.
4.
Mengikuti berbagai
kegiatan pelatihan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan baik.