Bagaimana Merencanakan PJJ Efektif Dan Menyenangkan ?

 

 Membangun Indnesia melalui dunia pendidikan dengan pembelajaran dalam  Jaringan yang efektif dan menyenangkan.


Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah 75 tahun negaraku merdeka.  Pada usia 75 tahun,kalau secara manusia sudah mulai muncul berbagai perubahan,mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Demikain juga negaraku diusia 75 tahun mengalami perubahan dalam segala hal,terutama dibidang pendidikan amatlah terasa. 

          I.  Awal terjadinya PJJ  dadakan

Pada akhir bulan  Desember 2019 hadirlah virus yang menelan korban jiwa yang sangat banyak. Virus itu semakin berkembang merajalela menjelajahi dunia termasuk Indonesia.  Pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi mengumumkan untuk bekerja dari rumah,belajar dari rumah dan juga beribadah dari rumah. Tanggal 16 Maret 2020 mendadak pemerintah mengumumkan untuk sekolah- sekolah diliburkan dan belajar dari rumah. Sekolah diliburkan selama 14 hari. Setelah 14 hari pemerintah dan para medis mengamati  bahwa virus ini semakin berkembang dan banyak korban berjatuhan  tenaga medis sekalipun.  Pembelajaran jarak jauh segera dilakukan oleh guru - guru. Jadwal belajar dan mengajar dari rumah ditetapkan. Anak- anak yang tidak memiliki HP guru-guru mengunjungi dan  memberikan materi untuk belajar di rumah.


Fokus perhatian pada setiap program pemerintah dari pusat sampai ke pelosok-pelosok tanah air mendadak berubah. Pemerintah fokus pada persiapan menghadapi covid 19. Perubahan peranan gurupun dituntut. Guru harus dipaksa lebih banyak belajar daring menggunakan IT dengan cepat agar sang siswa jangan dikorbankan. Kepala sekolah menegaskan agar tetap mengajar dari rumah.Meminta semua guru menulis no.wa para siswa beruntunglah sebelumnya dikelasku sudah ada group jadi mudah untuk mengontrol anak-anak. Awalnya agak sulit karena  guru melihat keaktifan siswa melalui komentar di group. Orang tua mengeluh karena program keuangan dalam rumah tanggapun berubah karena sebagian besar biaya digunakan untuk membeli HP android dan biaya isi pulsa dan pemasangan wifi.

Guru harus berjuang dan belajar sungguh- sungguh sehingga tidak tersisih,serta akan  menunjukan suatu perlawanan yang gigih terhadap suatu perubahan. Tetapi disamping itu merupakan juga dunia dimana peranan guru sebagai agen perubahan dan pekerja sosial dipandang sebagai kunci yang sangat vital bagi terciptanya masyarakat yang lebih merata aman dan  sejahtera. Hal itu juga merupakan tanggungjawab yang harus dipikul untuk memperluas ruang lingkup kemampuannya tidak akan berhenti bertumbuh. Dalam hal ini pula guru hendaknya berusaha menghindari diri dari pikiran masa bodoh yang penting terima gaji atau lebih dari itu jangan mengubah lembaga pendidikan menjadi kuburan untuk menguburkan segala ilmu dan kemampuan.

Banyak sekali seminar  dan webinar yang menjamur semuanya  diselenggarakan untuk melatih dan membimbing guru. Kegiatan - kegiatan ini semua demi melatih guru agar memiliki kemampuan yang memadai untuk menghadapi perubahan. Dan yang sangat menguntungkan bagi kami guru yaitu mengikuti group menulis yang diprakarsai oleh Om Jay dan timnya.

Wabah pandemi covid 19 benar - benar membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia .Semua lembaga pendidikan sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun ajaran baru yang akan dilakukan pada pertengahan bulan Juli 2020.Guru mulai bergerak maju,karena orang tua banyak yang mengeluh,mereka mengaduh bahwa pekerjaan mengajar adalah tugas guru.Orangtua harus sadar sekarang untuk bekerja sama dengan guru.

Sudah enam bulan,seluruh Indonesia melakasanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) siswa dan guru diberi kesempatan untuk belajar dari rumah,dan juga beribadah dari rumah.   Guru dan siswa tidak dapat melaksanakan tatap muka semua proses pembelajaran dilaksaakan secara online. Hal ini perlu direncanakan secara matang sehingga terciptanya pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan menyenangkan. Perlu dikondisikan secara baik dan sistimatis sehingga walaupun belajarnya dari rumah rasa aman bagi siswa dan guru untuk belajar dan mengajar. Terkadang anak diharuskan untuk membantu pekerjaan orangtua saat jam belajar.  Perncanaan ini perlu disosialisasikan kepada orangtua sehingga jam belajar anak tidak akan terganggu.  Orangtua perlu menerima jadwal mengajar dari guru-guru sehingga dapat memperhatikan atau mendorong serta menyediakan waktu untuk belajar.

Bagaimana seorang guru  berjuang untuk mengajar dimasa pandemi ini ? Tentunya semua guru sedang menyusun berbagai rencana sehingga bisa mengajar,melatih dan mendidik siswa dengan baik. Sebagai guru harus berpikir bahwa tidak mungkin mengajar lagi di depan kelas yang berjumlah rata-rata 20 -30  0rang. Tetapi guru harus berpikir bagaimana menyusun RRP satu lembar atau RRP daring dan berbagai penilaian yang tidak akan membebani siswa. Guru harus membuat berbagai video pembelajaran yang disampaikan secara daring kepada siswa.  Orangtuapun bersusah payah untuk membeli hp android agar anak-anak belajar.

Ada begitu banyak kendala yang dialami oleh orangtua,ada banyak yang mengeluh dan merasa berat dalam mengajar anak mereka.  

II. PJJ terencana.

Tahun ajaran baru sudah tiba tanggal 13 Juli 2020, siswa-siswi masuk sekolah.

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menegeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A.HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar,mengajar menggunakan pembelajaran daring atau online.  Walaupun Pembelajaran melalui jaringan merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka yang kaku IT namun hal itu tidak bisa ditolak. Terpaksa harus dipaksa,dipaksa supaya biasa, biasa untuk digunakan . Terpaksa guru harus dilatih untuk menggunakan IT  untu bertemu dengan siswa di dunia maya. Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari   serangkaian aktivitas  yaitu mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Ketiga hal tersebut merupakan rangkaian utuh yang tidak dapat dipisahkan. Persiapan  pembelajaran tidak hanya dilakukan oleh guru, siswa pun juga harus memiliki  kesiapan untuk belajar.Kesiapan siswa, baik fisik maupun mental juga merupakan hal  penting. Jadi esensi persiapan proses pembelajaran adalah kesiapan segala hal yang  diperlukan untuk berlangsungnya proses pembelajaran sehingga dalam pelaksanaan  pembelajaran nantinya dapat terjadi transfer ilmu antara guru dan siswa dengan baik.

Apabila pelaksanaannya baik, maka tujuan pembelajaran tersebut diharapkan dapat dicapai (Sudjana, 2004). Pembelajaran kini bukan lagi dipandang sebagai pembelajar saja, melainkan pembelajaran harusnya mengedepankan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran.Pembelajaran sendiri harus dirancang untuk mengaktifkan siswa. Hal ini sejalan dengan apa yang ditegaskan Mulyasa (2007) bahwa pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar (75%) peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya pada diri sendiri.

Sejak Covid guru dan siswa saling merindukan tetapi tidak dapat bertemu, banyak sekali syair - syair kerinduan yang dilantunkan melaui lagu dan puisi pertanda guru dan siswa sudah saling merindukan. Terdengar nyanyian-nyayian pilu yang dikumandangkan dimana - mana. Menteri mengatakan anak Merdeka belajar artinya anak tidak boleh ditekan dalam belajar,dilain pihak siswa dimarahi untuk belajar. Pada akhirnya didapatkan siswa pemberontak. Kita semua sudah merdeka jadi penjajahan dalam bentuk apapun harus dihapuskan. Setiap warga negara sadar sekarang untuk mengisi Kemerdekaan dalam berbagai bidang. Indonesia dalam bidang pendidikan mengisi kemerdekaan dengan mempersiapkan diri belajar dalam jaringan.

Pembelajaran dalam jaringan merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan  memanfaatkan teknologi internet sehingga terjadi proses belajar mengajar. Dan jika tidak ada internet maka pembelajaran tidak jalan dicari alternatif lain sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan.Sisw senang gurupun senang,orang tua senang dan semua pemerhati pendidikan.Akhirnya dimana-mana hatiku senang.

Upaya Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan ialah:

1. Guru dan siswa memiliki HP / Laptop dan memiiki akses internet, agar pembelajarannya berjalan dengan lancar. Jika hanya guru yang memiliki jaringan internet maka pembelajarannya tidak lancar.

1.    Dalam pembelajaran daring harus melibatkan siswa agar tidak mengantuk, artau siswa yang bermasalah akan segera konsentrasi.

2.      2. Pembelajarannya harus simpel dan menarik  agar  siswa tidak bosan.

3.    3.  Guru-guru perlu melihat siswa aktif atau tidak bahkan juga kepala sekolah melihat guru-guru aktif dalam mengajar. Teman-teman guru saling berbagi sehingga ada diskusi dan juga pengecekan secara baik. Kepala sekolah turut berperan aktif agar para guru melaksanakan tugasnya dengan cermat dan tepat. Membangun komnikasi yang baik antara guru,siswa dan orangtua.

4  4. Metode pembelajarannya harus bervariasi. Menggunakan WA,Youtube,Power Poin, Moudle,Class room, Zoom, Pesan suara, Guru diberi kebebasan untuk memilih model pembelajaran atau aplikasi yang sesuai tema pembelajaran.

5. Mengingat banyak guru yang melek IT maka kurikulum harus memuat mata pelajaran TIK sehigga anak-anak kita bisa dipersiapkan lebih baik lagi untuk menyonsong era emas yang gilang gemilang.

Seandainya dari dulu mata pelajaran TIK diterapkan dan menjadi mata peajaran wajib maka Indonesia pasti siap menghadapi perubahan ini.

Indonesia harus segera berubah dengan suatu Pola PJJ yang terencana yaitu Warga Indonesia belajar sungguh-sungguh.    Mengikuti kegiatan webinar  agar bisa tahu mengoperasikan IT.

2.      Mengikuti group menulis yang di Prakarsai Oleh Om Jay dan Timnya.

Kami guru-guru sangat terbantu . Terima kasih Om Jay melalui group ini kami bisa belajar dan juga menggunakan salah satu metode pembelajaran di kelas.

3.      Banyak membuka youtobe untuk belajar.

4.      Mengikuti berbagai kegiatan pelatihan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan baik.

 Semangat Hari Ulamg Tahun Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, terus mendorong segenap rakyat Indonesia untuk maju. Untuk mencapai Indonesia maju maka setiap warga negara harus sadar untuk membekali diri dan mengisi Kemerdekaan. Jayalah Negriku Jayalah Indonesia.

Terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK