MEMBANGUN BRANDING MELALUI BLOG DAN MEDSOS.

Materi            : Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial.

Narasumber    :  Namin Ibnu Solihin

Moderator       :  Ibu Kanjeng

Peresume        :   Yohana M.A.Bana,

Tetaplah semangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi,menggerakkan dan meneladani.

( Namin Ibnu Solihin)

Kuliah malam ini tanggal 11 September 2020, kembali Om Jay menghadirkan seorang nara sumber yang inspiratif. Kuliah di buka oleh Om Jay  dan selanjutanya dipimpin oleh ibu Kanjeng sebagai moderator.

Kuliah diawali dengan menonton video di youtube karena beliau masih solat

Perkenalan.

Namin AB Ibnu Solihin founder motifator pendidikan .com, beliau memiliki empat anak. Ia adalah pembicara seminar parenting. Konsultan Branding sekolah dan Bloger pendidikan yang ternama.

Untuk mengenal beliau maka kita bisa menemuinya di: https://motivatorpendidikan.com Ia telah membagikan secara gratis lebih dari 250 materi training di slideshere.net. Setiap tahunya slide ini bisa dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7.000 kali linknya sebagai berikut: https://www.slidershare.net/mobile/naminsekolahakhlak.Bisa  berkonsultasi di;@motivatorpendidikan .com dan @anaktanpagadget

Awal Ngeblog..

Beliau mulai ngeblog tahun 2007 melalui blogspot.com,saat itu beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat isterahat mengajar. Tulisandiblog juga masih sangat beragam,bahkan lebih banyak curahan hati. Jadi saat awal-awal ngeblogbeliau tidak punya impian apa-apadan tidak memiliki tujuan apa-apa. Pokoknya buat asyik-asyikan agar waktu isterahat lebih bermanfaat.

Beliau pernah membuat lebih dari sepuluh blog melalui blogspot.com,sebagian besar blog sudah di hapus dan sebagaian lagi belum sempat dihapus karena ia lupa username dan paspor.

Tahun 2013 mengenal geraru.org, sebuah blog yang diis ioleh guru-guru kreatif dengan konten edukasi yang sangat menarik. Guraru.org setiap tahunnya juga memberikan penghargaan bagi para guru bloger yang berprestasi diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu pak Agus Sampurno dengan Brandnya guru kreatif, Om Jay wijaya Kusuma dengan Brandnya guru Bloger dan Bang Dedi Dwitagama. Blog guraru orang kini masih ada tapi kegiatan forum menulisnya tidak ramai lagi. Dari ngeblog asal-asalan beliau mulai memiliki semangat untuk berbagi melalui tulisan diblog keroyokan dan blog pribadi.. Keinginan untuk menulis lebih baik lagi . akhirnya ditahun 2013 ia memaksakan dirinya untuk ikut program Teacher Writing Camp angkatan ke-3 yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014Iia dan om Jay bersama teman-teman menggagas Komonitas sejuta guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 Komonitas sejuta guru Ngeblog memberikan pelatihan ngeblog gartis bagi guru di Jabodetabek. Program ini mereka gagas  dalam menggerakan guru-guru mau menulis dan menggunakan internet dan tekhnologi sebagai pembelajaran. Selain itu mereka juag memiliki impian agar para guru bisa aktif berkontribusi menjadi produsen digital dengan cara menulis konten edukasi setiap harinya.

Ya, sudah saatnya guru menjadi produsen digital bukanlah lagi konsumen digital. karena seperti yang kita pahami saatini banyak sekali konten pornografi yang setiap harinya bisa menjadi monster dan    dan predator  yang sangat menyeramkan,yang bisa menyerang orang dewasa dan juga anak-anak. Indonesia termauk negara yang mengakses pornografi paling besar di dunia, kondisi seperti ini bisa menghancurkan masa depan generasi bangsa. Disinilah peran kita sebagai guru, berkontribusi menyelamatkan generasi bangsa dengan membuat konten edukasi yang kreatif.

Tahun 2014 juga awal beliau  mulai membangun branding lewat blog. Perjalanannya  membangun branding lewat blog bisa dibaca di profilnya.pada link di atas. Singkat cerita pada 2015 beliau melaunching www.motivatorpendidikan.com,seluruh conten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang ia isi.

Sebelum website tersebut di lauching,saya banyak mencurahkan gagasan saya tentang pendidikandi blog https://motivatorkreatif.wordpress.com membagun branding memang tidak mudah,tetapi jika kita sungguh-sungguh insya Allah ada kemudahan.

Membangun branding adalah proses atau strategi yang dilakukan untuk membangun hubungandengan para pembaca blogatau media sosial yang kita miliki.

Contoh membangun Bran dan Branding adalah sebagi berikut:

Brand( merek) Blog dan Instagram motivator pendidikan .com :

1.      Nama blog dan Instagram : motivatorpendidikan .com

2.      Identitas ( Logo dan tulisan dominan warna merah,yang mencerminkan nilai semat.

3.      Fokus pada dunia pendidikan( Training Seminar dan Worksop)

4.      Fokus materi ( Training Guru Kreatif,Seminar parenting,motivasi pelajar dan mahasiswa, Branding Sekolah )

5.      Konten tulisanberisi artikel pendidikan dan foto-foto kegiatan training.

6.      Contoh : Strategi yang digunakan dalam membangun Branding Blog dan Instgram motivatorpendidikan .com dengan cara:

1.      Membuat blg dan media sosial  yang mudah dibaca dan diingat oleh orang yaitu: motivatorpendidikan .com

2.      Mengisi konten blogdan media sosial dengan tulisan-tulisan ysng berkaitan dengan dunia pendidikan, sehingga segmentasinya jelas, bahwa pembacayang akan berkunjung adalah mereka yang membutuhknkonten tersebut

3.      Membuat poster atau video yang berkaitan dengan motivasi pendidikan .

4.      Membuat kaosyang bertuliskan motivatorpendidikan .com.

5.      Mengadakan pelatihan gratis dari motivatorpendidikan.com sebagai sarana memperkenalkan brand.

6.      Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivarpendidikan com.

7.      Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada para fellwer atau pesta kegiatan seminar.

 Unsur-unsur dalam Branding.

a.       Nama merek atau Brand: Motivaorpendidikan ,com,simple,informati dan seo Friendly.

b.      Logo. ( Tulisan dan logo )

c.       Tampilan visual blog  dan Medsos

 ( lht websit.Motivatorpendidikan.com,Simple,informati dan SEO Friendly)

d.      Juru bicara  ( Namin AB Ibnu Solihin : Founder Motivatorpendidikan.com)

e.       Suara ( memiliki cirik khas ketika membuat sebuah training )

f.       Slogan/ Tagline/Akronim : Teacher Learning Parthers)

Jika kita sudah berhasil membangun Branding,maka kita sebagi founder secara personal juga terbangun brandingnya, maka dikenal dengan istilah personal branding. Publicakan mengenal dari merek kita,cara bicara kita,pembawaan kita saat menyampaikan seminar, dan cara berpakaian.

Personal Branding dari merek yang kita miliki,maka orang akan bertanya-tanya tentang kita misalkan; “ eh kamu tau tidak website motivatorpendidikan.com, oh...aku tahu tuh itu kan pemiliknya pak Namin AB Ibnu Solihin.

Bila kita mau membangun Branding sekali lagi harus totalitas dari banyak hal termasuk nama email. Contohnya : infomotivatorpendidikan@gmail.com

Tantangan yang diberikan Pak Namin kepada para peserta untuk bisa membangun branding sendiri melalui blog dan media sosial. Tugasnya ialah :

Silahkan isi bagian di bawah ini :

Nama Blog                              :  yohanabana24blogspot.com

Nama Instagram                      :  yohanabana

Alamat email                           :  yohanabana24@gmail.com

Warna khas                             :  Hijau

Slogan / Tagline/ Akronim      :  Belajar sepanjang hayat.

Fokus Konten                         :  Pendidikan

Target Pembaca                       :  Guru,pelajar,orangtua

Strategi membangun Branding: Mengisi blog dan mengirim lewat WA.

Juru bicara                               :  Yohana M.A.Bana.

Beliau meminta kami mengisi latihan tersebut diatas dengan tepat. Kemudian ia  membuka  blog  yang kami tulis  untuk melihat blog peserta masing-masing dan memberi koreksi.

Contoh nama blog yang baik untuk guru

            gurumtk.blogspot.com

            guruipa.blogspot.com

            gurubahagia.blogspot.com

            guruasyik.blogspot.com

            gurumileneal.blogspot.com

            gurumuda.blogspot.com

Contoh koreksi dari pak Namin untuk latihan gratis di kelas menulis 

  

Pesan terakhir

Jangan jadikan orientasi utama untuk mendapat uang dan terkenal karena ngeblog. Karena uang dan popularitas akan kita dapatkan, seiring ketika kita sudah banyak berkontibusi dengan tulisan di blog yang bisa menginspirasi banyak orang. Jika hari ini orang belum mengenal tulisan kita,tetaplah semangat menulis, dengan semangat berbagi kebaikan. Sebenarnya peserta masih ketagihan belajar dengan beliau namun dibatasi oleh waktu. Ilmu membangun branding melalui Blog dan Medsos sangat menarik dan bermanfaat.

 

 

 

   

Komentar

  1. Blogging sudah. Brand dan branding nih, yang masih diupayakan. Semoga penulis menemukan brand dan memiliki strategi branding yang bisa diduplikasi, ya. Semangat bareng yuk!

    BalasHapus
  2. Bagus Bun resume nya, bentar lagi jadi 20 resume ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK