Materi
: Membangun Branding Melalui Blog dan
Media Sosial.
Narasumber :
Namin Ibnu Solihin
Moderator
: Ibu Kanjeng
Peresume : Yohana M.A.Bana,
Tetaplah semangat untuk menjadi pribadi
yang menginspirasi,menggerakkan dan meneladani.
( Namin Ibnu Solihin)
Kuliah malam ini tanggal 11 September 2020, kembali Om Jay menghadirkan seorang nara sumber yang inspiratif. Kuliah di buka oleh Om Jay dan selanjutanya dipimpin oleh ibu Kanjeng sebagai moderator.
Kuliah diawali dengan menonton video di youtube karena beliau
masih solat
Perkenalan.
Namin AB Ibnu Solihin founder motifator pendidikan .com, beliau
memiliki empat anak. Ia adalah pembicara seminar parenting. Konsultan Branding
sekolah dan Bloger pendidikan yang ternama.
Untuk mengenal beliau maka kita bisa menemuinya di: https://motivatorpendidikan.com Ia
telah membagikan secara gratis lebih dari 250 materi training di slideshere.net.
Setiap tahunya slide ini bisa dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di
download sekitar 7.000 kali linknya sebagai berikut: https://www.slidershare.net/mobile/naminsekolahakhlak.Bisa
berkonsultasi di;@motivatorpendidikan .com dan @anaktanpagadget
Awal Ngeblog..
Beliau mulai ngeblog tahun 2007 melalui blogspot.com,saat itu
beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat isterahat mengajar. Tulisandiblog
juga masih sangat beragam,bahkan lebih banyak curahan hati. Jadi saat awal-awal
ngeblogbeliau tidak punya impian apa-apadan tidak memiliki tujuan apa-apa. Pokoknya
buat asyik-asyikan agar waktu isterahat lebih bermanfaat.
Beliau pernah membuat lebih dari sepuluh blog melalui
blogspot.com,sebagian besar blog sudah di hapus dan sebagaian lagi belum sempat
dihapus karena ia lupa username dan paspor.
Tahun 2013 mengenal geraru.org, sebuah blog yang diis ioleh
guru-guru kreatif dengan konten edukasi yang sangat menarik. Guraru.org setiap
tahunnya juga memberikan penghargaan bagi para guru bloger yang berprestasi
diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu pak Agus
Sampurno dengan Brandnya guru kreatif, Om Jay wijaya Kusuma dengan Brandnya
guru Bloger dan Bang Dedi Dwitagama. Blog guraru orang kini masih ada tapi
kegiatan forum menulisnya tidak ramai lagi. Dari ngeblog asal-asalan beliau
mulai memiliki semangat untuk berbagi melalui tulisan diblog keroyokan dan blog
pribadi.. Keinginan untuk menulis lebih baik lagi . akhirnya ditahun 2013 ia
memaksakan dirinya untuk ikut program Teacher Writing Camp angkatan ke-3 yang
digagas oleh Om Jay dan teman-teman.
Pada tahun 2014Iia dan om Jay bersama teman-teman menggagas Komonitas
sejuta guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 Komonitas sejuta guru Ngeblog
memberikan pelatihan ngeblog gartis bagi guru di Jabodetabek. Program ini
mereka gagas dalam menggerakan guru-guru
mau menulis dan menggunakan internet dan tekhnologi sebagai pembelajaran.
Selain itu mereka juag memiliki impian agar para guru bisa aktif berkontribusi
menjadi produsen digital dengan cara menulis konten edukasi setiap harinya.
Ya, sudah saatnya guru menjadi produsen digital bukanlah lagi
konsumen digital. karena seperti yang kita pahami saatini banyak sekali konten
pornografi yang setiap harinya bisa menjadi monster dan dan predator yang sangat menyeramkan,yang bisa menyerang
orang dewasa dan juga anak-anak. Indonesia termauk negara yang mengakses
pornografi paling besar di dunia, kondisi seperti ini bisa menghancurkan masa
depan generasi bangsa. Disinilah peran kita sebagai guru, berkontribusi
menyelamatkan generasi bangsa dengan membuat konten edukasi yang kreatif.
Tahun 2014 juga awal beliau
mulai membangun branding lewat blog. Perjalanannya membangun branding lewat blog bisa dibaca di
profilnya.pada link di atas. Singkat cerita pada 2015 beliau melaunching www.motivatorpendidikan.com,seluruh conten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang
ia isi.
Sebelum website tersebut di lauching,saya banyak mencurahkan
gagasan saya tentang pendidikandi blog https://motivatorkreatif.wordpress.com membagun branding memang tidak mudah,tetapi jika kita
sungguh-sungguh insya Allah ada kemudahan.
Membangun branding adalah proses atau strategi yang dilakukan
untuk membangun hubungandengan para pembaca blogatau media sosial yang kita
miliki.
Contoh membangun Bran dan Branding adalah sebagi berikut:
Brand( merek) Blog dan Instagram motivator pendidikan .com :
1. Nama blog dan Instagram : motivatorpendidikan .com
2. Identitas ( Logo dan tulisan dominan warna merah,yang mencerminkan
nilai semat.
3. Fokus pada dunia pendidikan( Training Seminar dan Worksop)
4. Fokus materi ( Training Guru Kreatif,Seminar parenting,motivasi
pelajar dan mahasiswa, Branding Sekolah )
5. Konten tulisanberisi artikel pendidikan dan foto-foto kegiatan
training.
6. Contoh : Strategi yang digunakan dalam membangun Branding Blog dan
Instgram motivatorpendidikan .com dengan cara:
1. Membuat blg dan media sosial
yang mudah dibaca dan diingat oleh orang yaitu: motivatorpendidikan .com
2. Mengisi konten blogdan media sosial dengan tulisan-tulisan ysng
berkaitan dengan dunia pendidikan, sehingga segmentasinya jelas, bahwa
pembacayang akan berkunjung adalah mereka yang membutuhknkonten tersebut
3. Membuat poster atau video yang berkaitan dengan motivasi
pendidikan .
4. Membuat kaosyang bertuliskan motivatorpendidikan .com.
5. Mengadakan pelatihan gratis dari motivatorpendidikan.com
sebagai sarana memperkenalkan brand.
6. Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivarpendidikan com.
7. Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada para
fellwer atau pesta kegiatan seminar.
Unsur-unsur dalam Branding.
a.
Nama merek atau Brand:
Motivaorpendidikan ,com,simple,informati dan seo Friendly.
b.
Logo. ( Tulisan dan logo )
c.
Tampilan visual blog dan Medsos
(
lht websit.Motivatorpendidikan.com,Simple,informati
dan SEO Friendly)
d. Juru
bicara ( Namin AB Ibnu Solihin : Founder
Motivatorpendidikan.com)
e. Suara
( memiliki cirik khas ketika membuat sebuah training )
f. Slogan/
Tagline/Akronim : Teacher Learning Parthers)
Jika kita sudah berhasil membangun Branding,maka
kita sebagi founder secara personal juga terbangun brandingnya, maka dikenal
dengan istilah personal branding. Publicakan mengenal dari merek kita,cara
bicara kita,pembawaan kita saat menyampaikan seminar, dan cara berpakaian.
Personal
Branding dari merek yang kita miliki,maka orang akan bertanya-tanya tentang
kita misalkan; “ eh kamu tau tidak website motivatorpendidikan.com, oh...aku
tahu tuh itu kan pemiliknya pak Namin AB Ibnu Solihin.
Bila
kita mau membangun Branding sekali lagi harus totalitas dari banyak hal
termasuk nama email. Contohnya : infomotivatorpendidikan@gmail.com
Tantangan
yang diberikan Pak Namin kepada para peserta untuk bisa membangun branding
sendiri melalui blog dan media sosial. Tugasnya ialah :
Silahkan isi bagian di bawah ini :
Nama
Blog : yohanabana24blogspot.com
Nama
Instagram : yohanabana
Alamat
email :
yohanabana24@gmail.com
Warna
khas :
Hijau
Slogan
/ Tagline/ Akronim : Belajar sepanjang hayat.
Fokus
Konten : Pendidikan
Target
Pembaca : Guru,pelajar,orangtua
Strategi
membangun Branding: Mengisi blog dan mengirim lewat WA.
Juru
bicara : Yohana M.A.Bana.
Beliau
meminta kami mengisi latihan tersebut diatas dengan tepat. Kemudian ia membuka blog
yang kami tulis untuk melihat
blog peserta masing-masing dan memberi koreksi.
Contoh nama blog yang baik untuk
guru
gurumtk.blogspot.com
guruipa.blogspot.com
gurubahagia.blogspot.com
guruasyik.blogspot.com
gurumileneal.blogspot.com
gurumuda.blogspot.com
Contoh koreksi dari pak Namin untuk latihan gratis di kelas menulis
Pesan terakhir
Jangan
jadikan orientasi utama untuk mendapat uang dan terkenal karena ngeblog. Karena
uang dan popularitas akan kita dapatkan, seiring ketika kita sudah banyak
berkontibusi dengan tulisan di blog yang bisa menginspirasi banyak orang. Jika
hari ini orang belum mengenal tulisan kita,tetaplah semangat menulis, dengan
semangat berbagi kebaikan. Sebenarnya peserta masih ketagihan belajar dengan beliau namun dibatasi oleh waktu. Ilmu membangun branding melalui Blog dan Medsos sangat menarik dan bermanfaat.
Blogging sudah. Brand dan branding nih, yang masih diupayakan. Semoga penulis menemukan brand dan memiliki strategi branding yang bisa diduplikasi, ya. Semangat bareng yuk!
BalasHapusKeren .....mantul bu
BalasHapusBagus Bun resume nya, bentar lagi jadi 20 resume ya
BalasHapusYess.. keren
BalasHapus