Kalimat Bahagia Mr.Bams.

 

 

Materi malam ini               : Inspirasi menulis buku.

Nara sumber                      :   Mr. Bams.

Moderator                           :  Ibu  Sri Sugiastuti

Peresume                           : Yohana M.A.Bana.

 

Nara sumber dalam pertemuan kedua malam ini, Senin,5 Agustus 2020  pukul 19.00 – 21.00  di kelas menulis Om Jay  menghadirkan seorang nara sumber yang selalu tampil dengan kalimat-kalimat bahagianya yakni Bambang Purwanto,S.Kom.Gr. ayah seorang anak ini dilahirkan di Bandung pada tanggal 6 April 1974. Ia bisa di sapa Mr. Bams. Ia memiliki rumus yang terkenal dengan  singkatan  MAU ( Motivasi Aksi Unggul) motivasi berupa,impian,harapan,cita-cita yang merupakan kekuatan. Kekuatan ini harus diimbangi dengan  aksi nyata supaya dapat terwujud.Aksi nyata ini harus unggul dalam hati kita . Dengan rumus ini kehadirannya sangat dibutuhkan oleh-olehorang-orang disekitar karena di dalam diri orang itu ada begitu  banyak keunggulan. Keunggulan dari Mr. Bams yang  memliki profile yang luar biasa telah memberikan nilai tambah bagiku.Ia senantiasa hadir dengan mengirmkan daftar hadir tepat pada waktunya setiap kali pertemuan dan tidak pernah lalai. Beliau juga selalu bersedia menjadi moderator dalam beberapa pertemuan. Satu kelebihan yang istimewa dari Mr.Bams adalah setiap hari menuliskan kalimat bahagia yang bila kiat membacanya semakin menambah semangat untuk menjalani hidup hari tiu.

Sebelum Mr.Bams menjadi guru beliau menjadi pendongeng keliling. Sumbernya didapatkan dari hasil bacanya setiap hari. Ia telah mendirikan Taman Baca Masyarakat As Lebakwangi membawa ia menerima penghargaan. Penerima Sabilulungan Award dari Bupati Kabupten Bandung,bidang penggerak sosial dan budaya (2018)  Juara 1 Pengelola TBM tingkat Propinsi Jawa Barat(2014) Juara I pengelola TBM  tingkat Kabupaten Bandung. (2014) Juara II Pengelola TBMtingkat Kabupaten Bandung (2013)  Selain itu Sekolahnya yaitu SMP taruna Bakti mendapatkan juara literasi kategori utama. Mr Bams sebagai ketua tim litersi mendapatkan penghargaan .Penerima anugerah Widya Pratama Kategori penggerak Litersi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung ( 2019) Mr. Bams mengikuti Guru Inspiratif dari Dinas Pendidikan Jawa Barat (2019) kebiasaannya membaca menjadi salah satu pendorongnya untuk menulis. Untuk memfasilitasi kebiasaannya tersebut  Mr Bams menuangkan tulisan melalui Blog. Ia membagikan pengalamannya bagaimana caranya ngeblog.Menurutnya blog sangat bermanfaat untuk menuangkan pengalamannya untuk menuliskan berbagai informasi sepeti puisi, cerpen,puisi, resep makanan,gaya hidup,dan sebagainya.  Kita bisa dapat menulis apa yang kita lihat,dengar dan kita rasakan  dalam hidup kita. Semakin banyak kita menulis dan semakin banyak karya tulis kita akan meningkatkan kepercayaan kita dalam menulis. Karya kita di blog dapat dibaca dan dilihat oleh orang banyak. Membangun blog  tidaklah mudah.Ada berbagai kendala yang sering dialami yaitu kurangnya komitmen,dan tidak konsisten dengan konten,jaringan sedang tidak bersahabat,dan kadang-kadang kehabisan ide.Jika kehabisan ide maka solusinya kita harus banyak membaca. Agar blog kita ramai dikunjungi maka kita dapat bergabung dengan komonitas menulis.Selain itu kitabisa memperkenalkan blog kita kepada yang lain. Bisa di WA, FB, IG, kemudian rajin berkunjung ke blog yang lain. Jika blog kita berisi informasi yang dibutuhkan orang lain maka blog kita akan banyak dikunjungi orang lain. .bila kita seorang guru maka buatlah tugas di blog kita.maka pasti banyak tugas dan pengunjung ke blog kita. Untuk awalnya kita tulis apa yang kita sukai.Bila diawal kita sudah bingung maka biasanya tidak akan jadi.Seiring waktu berjalan mana yang konsisten tulisan-tulisan kita.Hati-hati dengan curhat jangan sampai kelepasan, ingat blog komsumsi publig,pintar-intarlah memposting tulisan. Tantangan guru saat ini luar biasa. Oleh karena itu guru harus memiliki banyak ketrampilan. Salah satu ketrampilan yang harus dimiliki guru adalah ketrampilan menulis. Buatlah tulisan dan kirimlah ke media cetak  ( koran,majalah, media online),membuat buku dan menulis di blog. Buatlh blog yang  dikelola dengan sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangakn blog. Setiap orang punya potensi yang luar biasa. Maka galilah dan kembangkan.  Banyak orang yang akan bisa, tetapi tidak semua orang melakukan sesuatu.

Demikianlah pemaparan materi dari Mr. Bams yang selalu memberikan semangat dengan mengirimkan pesan-pesan bahagia. Menurut beliau bahagia itu harus diciptakan setiap hari.Goresan tulisanmu dengan hati agar dikenang sepanjang hayat. Hadirkan jiwa dan raga dalam tulisan itu untuk membahagiakan yang lain. Maka kebahagian akan datang dengan tak tertahankan. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi oarng yang bermanfaat  kapanpun dimanapun dengan siapapun..

  

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK