FEBRUARI CERIA HARI KETIGA


MONITORING UJIAN 


Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan merupakan penilaian hasil belajar   oleh satuan pendidikan yang bertujjuan untuk mrnilai pencapaian stndat kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. 

Ujian  Sekolah ini berlangsung selama 5 hari . Mulai pada  hari Senin ,tanl  9 Mei sampai dengan hari Jumat, tanggal 13  Mei 2022 .

Ujian sekolah adalah Ujian yang diselenggarakan oleh  Satuan Pendidikan dan diikuti oleh seluruh peserta didikan pada akhir jenjang.  Pada tanggal 9 Mei 2022 maka semua siswa di Kota Kupang khususnya kelas IX  melaksanakan Ujian Sekolah.  Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik merupakan kewenangan dan tugas pendidik.

Peran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah adalah melakukan evaluasi terhadap system Pendidikan untuk memantau dan kesenjangan di dalam system, serta melaporkan  hasil Evaluasi tersebut sebagai bentuk akuntabilitas public. Dalam hal ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga dibantu oleh Lembaga mandiri untuk melakukan telaah kritis dan objektif.

 Pengawas  PAK & Budi Pekerti tingkat SMP Kemenag Kota Kupang memonitoring jalanya pelaksanaan UJian Sekolah di Kota Kupang.  Pengawas memantau beberapa sekolah yang melaksanankan ujian sekolah. Kegiatan Monitoring ujian sekolah pada hari keempat  dan hari kelima atau hari  terakhir berjalan dengan baik.

Tanggal 12 Mei 2022 memonitoring di SMP Negeri 5 Kupang dan SMP Negeri 8 Kupang.

 Tahun pelajaran 2021/2022 pelaksanaan Ujian Sekolah dilaksanakan di Sekolah masing-masing.  Pengawasnya dari guru -guru di sekolah sendiri. Soal-soal Ujian juga di susun oleh sekolah masing-masing.

Sesuai hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Kupang., walaupun sekolah melaksanakan ujian sekolah sendiri, namun pelaksanaannya harus dilaksanakan secara sungguh-sunguh. Hal ini dilaksanakan dengan serius seperti setiap kali ujian Nasional. Dan tidak menimbulkan kesan bagi siswa santai atau main-main tandas Kepala Sekolah SMP Negeri  5 Kupang.

Ada pembentukaan Panitia Ujian Sekolah. Ada SK Panitianya. Dan Panitia ini bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan ujian sekolah. Panitia   selalu siap diruang panitia untuk memberikan informasi bagi  yang membutuhkan.  


Pengawas kemenag sementara mengisi format monitoring pelaksanaan Ujian Sekolah di SMP Negeri 5 Kupang.




Setelah mengisi format monitoring pengawas diarahkan untuk menuju kelas ujian.  Ruang Ujian agak jauh dari ruangan panitia dan ruangan kepala sekolah . Saya meminta untuk menuju ke ruangan yang pengawasnya guru Agama Kristen.



Setelah berada dalam ruangan bertemu dengan ibu Aleta Kuman, S.Pd. yang sementara mengawas, Bersama dengan temannya. Saya melihat ada format-format  yang ada di atas meja  pengawas.




Ada tata tertib peserta ujian dan pengawas, ada daftar hadir dan juga album foto dari setiap peserta ujian. Semua siswa menggunakan tanda pengenal. Jumlah  siswa dalam ruangan tidak terlalu banyak. Setiap ruangan hanya 20 orang siswa  sehingga dapat menjaga jarak, mencegah siswa dalam mencontek atau melihat pekerjaan siswa lainya. Jumlah pengawas setiap ruangan terdiri dari 2 orang pengawas.

 Dari SMP Negeri 5 Kupang menuju SMP Negeri 8 Kupang.

Di SMP Negeri 8 Kupang setelah melaporkan kepada Kepala Sekolah, saya minta izin untuk menuju ruangan ujian. Setelah membaca jadwal pengawas yang ada di papan pengumuman ,saya sudah tau ruangannya karena itu adalah sekolah dimana dulu saya mangajar. Suasana ujian di SMP negeri 8 Kupang Hening. Saya  mencari ibu Sefriana Tulanggow, S.Th, yang mengawas di ruangan 28. Tepatnya di sebelah Selatan

Di ruangan 28 ini ibu Zefriana Tulangow, S.Th bersama dengan ibu Fin Ruka.
Saya melihat keadaan ruangan ujian yang rapi dan semua siswa sementara bergumul menyelesaikan butir-butir soal dengan teliti.

Sekilas memandang ke seluruh ruangan, semuanya tenang dan ujian berlangsung dengan tertib dan aman.


Ujian berlangsung selama 2 Jam Pelajaran . Mata Pelajaran I dimulai dari jam 07,30 – jam 9.30.

Mata Pelajaran kedua berlangsung dari jam 09.30- 11.30. 

Walaupun semua siswa sudah selesai tetapi diberi kesempatan untuk meneliti ulang sampai bel dibunyikan oleh petugas piket.

 Melihat semua berada dalam keadaan tertib dan aman.Akhirnya saya melangkah dengan tenang sehingga tidak mengganggu suasana ujian yang sementara berlangsung.

Demikian ceritera tentang kegiatan pelaksanaan monitoring hari keempat.



Hari tanggal 13 Mei 2022. Melaksanakan kegiatan monitoring di SMP Negeri 16 Kupang.


Teman-teman guru Agama Kristen melaksanakan  tugas pengawasan  dengan tekun.

Dari SMP Negeri 16 Kupang Menuju SMP Negeri 2 Kupang

Bapak Hanok Bandi, S.Th. sementara mengawas di ruangan ujian.

Ibu Oriany Riwu Laky, S.Pd. bersama temannya sementara mengawas di ruangan ujian.


Dari SMP Negri 16 menuju SMP Negeri 2 Kupang.

  
                                                Monitoring di SMP Negeri 2  Kupang.


 

Setelah melaporkan diri di Kepala sekolah, saya minta izin untuk menuju ruangan ujian. Pak Jefri guru Agama Kristen bersama saya menuju ruangan ibu Adelina Tagi Huma, S.Sos. Ibu Adel adalah seorang ibu senior yang sudah memiliki pengalaman dalam mengajar dan menyusun soal-soal Hots. Walaupun lagi dua bulan sudah pensiun namun beliau masih bersemangat dalam menjalankan tugas. Terima Kasih teman-temanku sudah melaksanakan tugas negara dengan baik. 

Apa beda sekolah dengan kehidupan ?

Di Sekolah kita diberi pelajaran baru diberi ujian sedangkan dalam kehidupan kita diberi ujian yang memberikan pelajaran.( Tom Bodett, penyiar rado kenamaan Amerika Serikat) 

Dalam hal ujian  ada juga begitu banyak ujian Iman. Bertahanlah dan percayalah agar lulus dalam segala bentuk ujian baik sekolah, kehidupan dan iman. Ingatlah Kisah Abraham yang Lulus dalam Ujian Iman. Terima Kasih.🙏🙏🙏

 an




Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK