FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS




 PERANAN PENGAWAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA KUPANG

Peranan pengawas Kementerian Agama kota Kupang dalam bidang Pendidikan sangatlah  penting. Ia hendaknya menjadi konsultan pendidikan yang selalu menjadi pendamping bagi  guru  dalam memajukan dan meningkatkan  mutu pendidikan di Indonesia.

 Pengawas hendaknya mengontrol, menilai dan mengevaluasi jalannya proses Pendidikan atau proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah.  Dalam melaksanakan tugasnya perlu ada program kepengawasan, Proram - program itu antara lain: Program  tahunan,bulanan, dan mingguan. Dengan adanya program yang telah disusun maka dapat memudahkan pengawas untuk melaksanakan tugasnya secara baik.

Sebagai seorang pengwas saya sangat terinspirasi dengan sambutan Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Kupang dalam pelantikan pengawas PAI di ruang lobi Kantor Kemenag Kota Kupang. Saya menulisnya untuk selalu membaca,mengingat,serta mau melakukannya.Jika saya tidak menulis gampang melupakannya bahkan hilang dari ingatanku. Ini merupakan nasihat yang perlu di tulis dalam hati dan mutiara yang dikalungkan di leher.

 



Sambutan dan arahan  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang. 
Jum'at,17 Pebruari 2023.(Pelantikan Pengawas PAI)

Setelah menyapa semua yang hadir dalam acara pelantikan, Beliau mulai mengatakan:" Saya mengajak kita semua yang ada saat ini, Pertama - tama kita menaikkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha esa karena pada hari ini kita boleh melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengawas. Kita juga bersyukur karena kita mendapat tambahan seorang pengawas di lingkup Kantor kementerian Agama kota Kupang.

Bapak Ibu saudara-saudari yang saya banggakan, saya menyampaikan proficiat kepada Ibu Siti.  Selamat datang di ruang kerja yang baru di kantor yang lama. Kita berikan proficiat untuk ibu nanti bergabung dengan para pengawas pendidikan Islam di seksi pendidikan Islam. Kami menyampaikan terima kasih banyak kepada keluarga atas dorongan yang diberikan kepada ibu Siti sehingga memungkinkan beliau untuk dialih ke dalam jabatan pengawas. Dan yang menarik ibu Siti sebagai seorang guru yang baik dan  karena itu saya juga percaya beliau akan melaksanakan tugas pengawasan dengan baik. Terima kasih juga kepada Ibu yang menerima SK revisi ke dalam jabatan pengawas PAI tingkat SMP/ SLB di kota Kupang .

Bapak / Ibu yang saya hormati ada beberapa hal yang saya akan sampaikan. 

Pertama : Pengawas itu mempunyai peran yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan agama di sekolah dan juga peningkatan kualitas dan mutu madrasah. Jadi pengawas memang punya peran penting tetapi saya mendapatkan data yang ada, kita punya 10 madrasah itu ada dua pengawasan kemudian jumlah sekolah itu hampir 200 tapi untuk pengawas PAI di sekolah umum itu Islam ada empat. Dua di tingkat dasar satu di tingkat SMP dan satu tingkat SMA .Untuk seksi Kristen itu ada tujuh empat di SD dan 2 di SMP dan satu di SMA. Seksi Katholik ada lima tiga tingkat dasar dan dua tingkat menengah angka ini menunjukkan bahwa memang kita masih membutuhkan pengawas di lingkup Kantor kementerian Agama kota Kupang. Pengawas perlu Meningkatkan kompetensi pribadi. 

 Kedua : Pengawas itu perlu lebih banyak turun ke sekolah-sekolah. Jadi kita melakukan optimalisasi,hal yang paling penting.  

Pertama untuk disadari bahwa kerja itu penting tapi itu juga bukan nomor dua kita hidup untuk bekerja jangan dibalik bekerja untuk hidup. Jadi kita hidup untuk bekerja,karena itu penting untuk menjaga kesehatan selama bekerja. Bekerja dengan penuh disiplin memberikan yang terbaik yang kita miliki tetapi ada waktu untuk istirahat. Ada waktu untuk keluarga. Ini saya tekankan terulang-ulang supaya kita jangan menjadi seorang yang melihat pekerjaan kemudian lupa istirahat. Mesin juga istirahat. Ya oto…kalau jalan terus tidak pernah berhenti itu juga nanti akan macet hal yang sama juga berlaku untuk kita.

 Kemudian yang kedua : hindari penyakit keterbatasan pandangan. Saya sampaikan sebelum menjadi pengawas bapak ibu guru semuanya adalah guru. Sebagai guru itu selalu melihat kelemahan pengawas ada di mana tetapi ketika menjadi pengawas kelemahan pengawas yang dulu sebagai guru kita lihat,kita tidak lihat lagi kita justru melihat kelemahan para guru. Ini penyakit keterbatasan pandangan jadi kita berusaha apa yang dulu kita lihat sebagai kelemahan dalam diri pengawas sebagai guru itu yang perlu kita perbaiki, maka langkah yang kedua itu orang keuangan katakan itu Top . Ada gunakan istilah ini jadi menambah keberhasilan di atas kesuksesan yang sudah ada.  Para pengawas selama ini sudah bekerja dengan sebaik-baiknya tapi untuk peningkatan kualitas. 

Kedua : Untuk meningkatkan kerja itu perlu lakukan peningkatan keberhasilan di atas  kesuksesan yang sudah kita lakukan selama ini.   Ketiga dalam kaitan dengan ini, perlu melakukan pencegahan dari pengalaman kegagalan. Jadi ini kita perlu melakukan otopsi kegagalan kita punya perencana cuma pengawas punya perencanaan jadwal yang baik tetapi itu tidak kita eksekusi itu ada beberapa yang kita temukan kegagalan . Ini perlu kita penggal dan kegagalan itu kita jadikan proyeksi untuk perbaikan ke depan. Dalam kaitan yang ini, perlu penataan sistem penyelamatan.  Ketika kita menghadapi situasi yang sangat sulit, situasi yang krisis itu kita selalu mendapat energi lebih untuk keluar dari situasi itu .Yang paling sederhana itu misalnya bencana gempa bumi kita dalam kamar jendela yang begitu tinggi itu tidak bisa lompat dan keluar. Tetapi kita akan berusaha untuk keluar. Ini insting penyelamatan yang ada di dalam diri kita.  Ini yang perlu kita kembangkan untuk dalam melaksanakan tugas insting dengan rambatan ini juga perlu dikembangkan terus menerus.                 

Kemudian yang berikut itu belajar dari para lini ke depan yaitu bapak ibu guru kenapa karena bapak ibu guru itu orang yang paling terdampak dari kegagalan atau kesuksesan pengawasan untuk gagal juga guru yang paling terdampak sukses juga guru yang paling terdampak efek lanjutannya memang di dunia pendidikan. Karena itu bapak/ibu pengawas mesti belajar banyak dari para guru. 

Terakhir tadi pagi apa yang sampaikan saya mau memperluas di sini .

Pertama : gunakan pola sederhana pemanfaatan teknologi dan sekarang berada di era digital suka tidak suka perlu dilakukan. Ini termasuk Bapak /Ibu pengawas itu mesti menggunakan teknologi Jadi gunakan teknologi untuk penyederhanaan kerja gunakan teknologi untuk penyederhanaan kerja jangan membuat teknologi menjadi hal yang menyulitkan kerja kita. Jadi kita menggunakan kesederhanaan kita untuk keahlian yang tidak sederhana.  Kesederhanaan kita, kita gunakan untuk pekerjaan yang lebih dari kesederhanaan yang kita miliki. 

Kemudian yang kedua gunakan semua aliran yang kita miliki sebagai pengawas untuk menyederhanakan hal-hal yang sulit. Ya... janganlah kita ikut mempersulit. Masing-masing pengawas punya keahlian gunakan semua keahlian itu untuk menyederhanakan hal-hal yang sulit kalau kita lakukan ini semua dengan baik maka para guru  akan menempatkan Bapak /Ibu pengawas pada posisi yang tidak sederhana. Sekali lagi kalau bapak/ibu pengawas melaksanakan semua ini dengan baik maka para guru tidak akan pernah menempatkan Bapak/ Ibu pengawas pada posisi yang sederhana. Jadi mereka tidak menyederhanakan para pengawas. Kadang-kadang para guru menyederhanakan pengawas karena pengawas   hanya mengajar dengan kata-kata. Pengawas juga hanya mengajar dan mengawasi dengan mulut. Jadi yang sangat menekankan disiplin jadi guru datang itu salah, ini salah karena memang di luar aturan. Ada semangat pertumbuhan yang pengawas akan berikan kepada para guru untuk perbaikan -perbaikan atas hal-hal yang menurutnya salah atau keliru itu tugas pengawas.Sebetulnya ada fungsi pengawas itu ada pada pendampingan dan pembinaan dan dengan itu meningkatkan kualitas guru. Kalau kualitas guru ditingkatkan yakinlah bahwa kualitas sekolah, kualitas madrasah, kualitas pendidikan agama di sekolah umum itu juga akan ikut mempengaruh. Mungkin itu beberapa hal yang saya sampaikan  lebih dan kurangnya saya mohon maaf .

Terima kasih banyak atas kehadiran kita semua Terima kasih Bapak Kepala MTS Negeri Kupang dari para guru yang sudah merelakan guru terbaiknya untuk menjadi pengawas di kantor kementerian Agama kota Kupang.Sekian dan terima kasih. Selamat sore untuk kita semua .Selamat bekerja kepada Ibu Siti sebagai pengawas yang baru. Demikianlah sambutan Kepala Kantor kementerian Agama Kota Kupang.🙏 

Terima Kasih Bapak atas segala arahannya. Saya sangat terkesan dengan segala arahan Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Kupang dalam bagian ini: " Dulu bapak ibu belum jadi pengawas adalah guru. Apa katamu ketika pengawas datang". 

Ternyata pekerjaan pengawas tidaklah gampang. Untung sudah menjadi guru selama 18 tahun dan merasakan keadaan guru yang terjadi di lapangan.Kita perlu menggunakan pola yang sederhana. Dan pemanfaatan teknologi untuk mempermudah segala pekerjaan. Sebenarnya seorang supervisor itu bukan untuk mencari kesalahan. Pengawas itu hanya mendampingi guru saja dan jika ada kekeliruan kita luruskan bersama. Kita mengadakan pembinaan dan evaluasi bersama. Ada guru yang ketika kita mau bertemu masih banyak alasan. Dan ada alasan yang dapat diterima dengan hati dan akal pikiran. Dan saya menggunakan pola sederhana saja; jangan paksa. Biarkan dia menyediakan waktu yang pas baru kita bertemu,supaya kita memiliki rasa aman, begitu juga  guru nyaman. Pengawas tetap koordinasi sehingga dapat menjalankan apa yang sudah diprogramkan.  Ada banyak guru di sekolah itu melakukan tugasnya dengan sungguh - sungguh. Ada yang mendapat tugas tambahan. Jadi sulit sekali membagi waktu,namun yang diprioritaskan adalah tugas pokok. Ada guru yang tidak suka pengawas datang bertemu, Itu antara tidak ada administrasi yang dipersiapkan secara baik atau jarang masuk kelas. Siswa kebanyakan mencatat atau diberi tugas. Beliau sibuk dengan segala urusannya. Ada guru yang senang sekali menyediakan waktu bertemu pengawas,bahkan masuk sampai ke dalam kelas. Guru yang seperti ini ketika di kelas menunjukkan kehebatannya dalam mengajar. Sungguh sangat menguasai kelas dan materi. Fasih berbahasa dan cakap menggunakan metode dengan baik saat mengajar.  Menggunakan teknologi dan  media yang tepat dalam mengajar. Ada guru yang mengundang pengawas untuk hadir di sekolah dan mengadakan supervisi bersama pengawas dari Dinas.  Di tingkat SMP  kami membuat pertemuan dan sesama guru saling bertemu dan menceritakan praktik baik saat mengajar. Banyak dokumen pembelajaran  atau PPT yang  dikirim  melalui link dan WA ke pengawas. Teriring salam hormat buat guru-guruku yang hebat. Mari kita bersatu meningkatkan mutu pendidikan. Bersama kita bisa.

Terima Kasih Bapak Kepala yang telah membuka cakrawala berpikir pengawas lewat arahan yang disampaikan dalam pelantikan pengawas PAI.🙏🙏

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK