FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH


                                    SMP AGAPE INDAH

 

SMP Kristen Agape Indah adalah salah satu sekolah swasta di kota Kupang. NSPN: 69881357 Sekolah ini beralamat di Jl. TDM IV,RT 1 RW 1,Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kode Pos : 85111. ( https://data.sekolah-kita.net,sekolah)

Kepala sekolahnya bernama Ibu Hagar Hoimbala,S.Pd. Selain sebagai Kepala Sekolah ibu Hagar juga adalah seorang guru Agama. 

1. Sebagai Kepala Sekolah

Sebagai seorang kepala sekolah ibu Hagar selalu  mendorong guru-gurunya untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab serta saling bekerja sama diantara para guru sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Ibu Hagar selalu menyelesaikan semua pekerjaan dan perencanaanya dengan penuh perhitungan agar kepemimpinannya berlangsung secara efektif dan efisien. Beliau selalu memiliki ketrampilan berkomonikasi dengan orang lain. Membangun relasi sehingga pekerjaannya berjalan lancar.



Kepala sekolah juga harus memiliki sifat terbuka : “suka mendengar pendapat, saran dan kritikan bawahan bahkan dari orang lain. Prestasi yang diraih oleh bawahannya sangat dihargai dengan penghargaan yang sesuai dengan prestasi atau memberikan pujian dengan kata-kata yang bermakna yang mendorong untuk lebih maju.

Mendorong guru-guru untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan Pendidikan dengan baik. Untuk mencapai tujuan Pendidikan kita memerlukan sumber daya manusia yang bersemangat, kreatif dan cakap dalam bekerja.  Jika kualitas dan kinerja guru meningkat maka akan mampu mengatasi tantangan dan perubahan yang semakin berkembang.

Kinerja selalu berhubungan dengan profesi yakni bidang pekerjaan yang dilandasi Pendidikan keahlian ( ketrampilan kejurusan) tertentu. ( Usman 2003,hal.15) Orang ingin menjadi guru tetapi tidak pernah belajar ilmu mendidik. Tidak memiliki keahlian dalam mengajar. Tidak memiliki sertifikat pendidik.

Upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkat kinerja guru antara lain:

-          Mendorong guru untuk melanjutkan studi

-          Mengadakan studi banding ke sekolah yang maju

-          Mengirim untu magang ke sekolah yang lengakp fasilitas

-          Memberikan penghargaan

-          Menambah pendapatan yang bersumber dari komite/orang tua.

Mengontrol guru-guru agar hadir dalam mengajar yang telah ditetapkan. Jika ada guru yang berhalangan ibu Kepala Sekolah masuk di kelas dan mengajar siswa sesuai kemampuan yang dimiliki.


Sekolah ini juga menerima mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan. Semuanya terlaksana dengan baik. 

Gambar ini tampak mahasiswa PPL melaksanakan olahraga di lapangan. 



 2. Sebagai Guru Agama

Sebagai sorang guru agama ibu Hagar selalu sopan dan rendah hati. Selalu hadir di sekolah tepat waktu. Ia selalu ramah dengan anak-anak. Tidak pernah beliau melalaikan tugasnya sebagai seorang guru. Hadir di kelas  tepat waktu dan menyapa anak-anak agar selalu belajar.

Sebagai guru ibu Hagar selalu mendidik,melatih dan membina para siswanya untuk bisa memimpin dan juga belajar dengan tekun. Ibu Hagar selalu melaksanakan tugas mengajarnya dengan berinteraksi dengan para peserta didik dalam kelas. Anak-anak dilatih untuk beribadat,berdoa, memimpin lagu dan membaca Firman Tuhan.

Saat saya berkunjung ke sekolah itu anak-anak lagi berdoa. Saya pun ikut mengambil bagian dalam ibadat sampai selesai.



Kesan yang saya dapatkan dalam perkunjungan ini adalah anak-anak jika mereka diberi ruang untuk berlatih pasti mereka akan bertumbuh dengan baik. Jika mereka diberi waktu dan kepercayaan untuk memimpin ibadat mereka akan sama atau lebih dari seorang penginjil. setiap hari siswa bergiliran memimpin doa. Semuanya dilaksanakan secara teratur.

Ibu Kepala sekolah selalu mengkoordinir semua anak-anak sehingga sebelum belajar semuanya berdoa. 


Saya merasa bangga  hadir dan menyaksikan bahkan ikut dalam pembelajaran mereka di kelas. Sungguh mereka semua semangat dalam belajar. Mereka saling mendorong satu sama lain agar menjawab pertanyaan dari guru.

Anak-anak begitu bersemangat. Hal itu terpancar dari mata mereka. Mata merupakan jendela jiwa yang darinya kita bisa membaca bahwa hati mereka gembira. Hal itu menunjukan pembelajaran yang sangat menyenangkan. Hati yang gembira akan terlihat diwajah yang gembira.

Walaupun disiang hari mereka tidak mengantuk. Peserta didik dalam kelas berjumlah 12 orang sehingga dapat dijangkau semuanya.  
Selamat berjuang anak-anak. Selamat belajar semoga sukses.


Kepada ibu Kepala sekolah milikilah semangat yang tinggi layanilah dan kasihilah semua guru. Yakinlah… jerih payahmu tidak akan sis-sia.

Titik awal dari Keyakinan: “ keyakinanmu menentukan perbuatan dan perbuatanmu menentukan hasil, tetapi pertama kali anda harus yakin”.( Mark Viktor Hansen )

Jadi semuanya bermula dari keyakinan. Keyakinan selalu dibutuhkan sebagai titik awal, karena tanpa keyakinan tidak akan ada dorongan yang kuat untuk melangkah. Semuanya biasa-biasa saja. Tidak akan ada gairah  dan semangat. Kita selalu kehilangan momentum dan tidak akan ada focus dan hasilnya tidak akan memadai atau ala kadarnya.

Seorang guru yang hebat selalu memulai dengan dua keyakinan dasar yaitu masa depan bisa lebih baik dari pada saat ini dan memiliki keuatan untuk mewujudkannya.

Untuk guru-guru taatilah pemimpinmu dan lakukanlah segala pekerjaanmu dengan setia. Yakinlah berkat Tuhan tetap menyertaimu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEBRUARI CERIA HARI KETUJUH BELAS

WUJUDKAN KOTA KUPANG KOTA LAYAK ANAK